Sabtu, 20 April 2019

Satuan Karya Pramuka

Salam Pramuka!!!


Hallo kakak-kakak sekalin, selamat datang lagi :), kali ini kakak-kakak semua ada diblog ke-3 saya, nah disini saya akan membahas tentang beberapa Saka yang ada dalam pramuka.
Apasih yang dinamakan Saka?

Yuk kita bahas!!!

Satuan Karya Pramuka (saka) adalah wadah pendidikan gun menyalurkan minat, mengembangkan bakat, meningkat pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan pengalaman para Pramuka dalam berbagai bidang kejuruan serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan pengabdiannya pada masyarakat Bangsa dan Negara sesuai aspirasi pemuda indonesia dan tuntunan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan pertahanan Nasional.



Gambar diatas merupakan beberapa Saka yang ada di Indonesia
secara umum di Indonesia terdapat banyak Saka namun Saka-Saka yang diataslah yang selalu ada di setiap daerah diIndonesia.

1. Saka Wira Kartika

Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI angkatan darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara.


2. Saka Bhayangkara

Related image

Saka Bhayangkara adalah wadah kegiatan Bhayangkara untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang keaman dan ketertiban masyarakat guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional. Satuan Karya ini membidangi bidang bhayangkara. Dalam pelatihan Saka Bhayangkara, umunya Gerakan Pramuka bekerjasama dengan pihan kepolisian Republik Indonesia.


3. Saka Dirgantara

Related image

Satuan Karya Dirgantara adalah salah satu Satuan Karya Pramuka yang berlaku secara Nasional. Saka Dirgantara merupakan wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktir dibidang kedirgantaraan. Dirgantara adalah ruang udara yang terbentang luas diatas permukaan bumi hingga batas yangtak terhingga, sesuai dengan bidangnya, saka Dirgantara dibentuk dan dibina berdasarkan kerjasama antara Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Udara.
Dan masih banyak lagi Saka-saka nasional
Tunggu kelanjutannya di blog saya berikutnya :))

Jangan lupa Komen dan Share ya :))))
Trimakasi

Salam Pramuka!!!!!

22 komentar:

  1. Bagus kak...jdi tau saka saka yang ada di pramukaπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. Saka saka di pramuka mempunyai pembelajaran yang berbeda beda. tetapi saya lebih tertarik pada saka dirgantara πŸ˜†πŸ‘

    BalasHapus
  3. Saka saka di pramuka mempunyai pembelajaran yang berbeda beda. tetapi saya lebih tertarik pada saka dirgantara πŸ˜†πŸ‘

    BalasHapus
  4. Nice kak, jadi tau saka" dalam PramukaπŸ‘

    BalasHapus
  5. Idihh mantap kk, semangat truss kk

    BalasHapus
  6. Mantap kak edukasinya
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  7. Mantap, jadi tau banyak hal tentang pramuka

    BalasHapus
  8. KakπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus