Senin, 29 April 2019

Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional part2

Salam Pramuka!!!

Hallo kakak-kakak seluruh nusantara, kembali lagi bertemu dengan saya di blog ke-5 saya, ini merupakan blog terakhir dari keseluruhan blog tentang Pramuka yang saya buat, sebelumnya saya mau mengucapkan terimakasi terhadap kakak-kakak yang telah setia melihan, membaca, dan memberi komentar di keseluruhan blog saya, okey langsung saja kita bahas materi terakhir diblog ini, blog ke-5 saya ini merukan kelanjutan dari blog ke-3 dan ke-4 yang telah saya buat, yaitu tentang Satuan Karya Pramuka tingkat Nasional.
Yuk kita bahas!!!

7. Saka Kalpataru


Saka Kalpataru adalah salah satu Satuan Karya Pramuka di Gerakan Pramuka yabg khusus bergerak dalam bidang cinta lingkungan hidup. Saka yang dibentuk atas kerjasama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Kementerian Lingkungan Hidup ini menekankan pada isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati. Tujuan akhir Saka Kalpataru adalah membentuk generasi muda yang ramah pada lingkungan hidup


Saka Kalpataru dibentuk atas kerjasama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Kerjasama ini disahkan dalam Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka di Kupang Nusa Tenggara Timur.

8. Saka Tarunabumi


Saka Tarunabumi adalah sebuah wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Prmuka Pendega dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktirls dibidang pertanian yabg berguna bagi semua orang serta dapat diterapkan atau dikembangkan menjadj lapangan kerja. Atau secara sederhana Satuan Karya Pramuka Tarunabumi bisa diaryikan sebagai saka yang menanamkan rasa cinta pertanian.
Satuan Karya Tarunabumi telah dimulai sejak tahun 1966. Saat itu, Menteri Pertanian dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengeluarkan keputusan bersama. Adalah instruksi bersama Menteru Pertanian dan ketua Kwartir  Nasional Gerakan Pramuka.

9. Saka Kencana


Saka Kencana adalah wadah kegiatan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan ketrampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang keluarga berencana, keluarga sejahtrra dan prngembangan krpendudukan.
Tujuan dibentuknya Saka Kencana adalah untik membina anggota Gerakan Pramuka agar dapat menjadi tenaga kader pembangunan dalam bidang Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera, dan Pembangunan Kependudukan guna menetapkan pelembagaan NKKBS sebagai cara yabg layak dan bertnggungjawab dari seluruh keluarga dan masyarakat Indonesia.

10. Saka Widya Budaya Bakti


Saka Widya Budaya Bakti merupakan wadah Gerakan Pramuka bagi pegawai di lingkungan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Satuan Karya ini sudah terbentuk sejak 23 november 2013.
Saka Widya Budaya Bakti bertujuan mempercepat tuntasnya program-grogram pendidikan nonformal yang benar-benar tepat sasaran sesuai potensi lokal. Artinya, pelaksanaannga melibatkan anggota pramuka yang tergabung dalam SWBB, untuk menggeluti program pendidikan nonformal, seperti pendidikan amak usia dini, keaksaraan fungsional, taman bacaan masyarakat, dan pendidikan kesetaraan.

11. Saka Pariwisata


Saka Pariwisata adalah salah satu Saka yang bergerak dibidang Pariwisata, tujuan dibentuknya Saka ini adalah memberikan wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pemdega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan di bidang Pariwisata yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdikan para masyarakat, bangsa, dan negara.

Demikian pembahasan dari saya
Jangan lupa komen dan share ya :))
Semoga bermanfaat

Salam Pramuka!!!!











25 komentar:

  1. Mantap.
    Kak saya mau nanyak,saya kan mengikuti saka wirakartika, seumpama kalau saya mau ikut di saka yang lain apakah boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya masih bisa kak, tergantung kita membagi waktu

      Hapus
  2. siapp, next time ya, tunggu blog selanjutnya

    BalasHapus