Senin, 29 April 2019

Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional

Salam Pramuka!!!

Hallo kakak-kakak semua kembali lagi bertemu dengan saya di blog ke-4 saya, nah kali ini saya ingin membahas kelanjutan dari blog ke-3 saya yaitu tentang satuan karya atau SAKA tingkat nasional, pasti kakak-kakak penasaran kan Saka apa lagi selain Saka WiraKartika, Saka Bhayangkara, dan Saka Dirgantara yang termasuk Saka tingkat Nasional?

Yuk kita bahas!!!

4. Saka Bahari


Satuan Karya Pramuka Bahari atau yang disingkat sebagai Saka Bahari adalah salah satu satuan karya pramuka yang diselenggarakan secara nasional di Indonesia. Bahari secara bahasa dapat diartikan sebagai laut atau mengenai laut. Dalam kaitannya dengan kegiatan satuan karya pramuka, bahari mengandung arti segala kegiatan yang ada sangkut pautnya dengan sistem lingkungan hidup kelautan perairan.


Saka Bahari mempunyai arti sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis di bidang kebaharian yang berguna bagi diri pribadi, keluarga, dan lingkungan serta dapat menjadi bekal dalam mengembangkan lapangan kerja.
Pembentukan dan pembinaan Saka Bahari dilaksanakan melalui kerja sama antara Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Laut.

5. Saka Bakti Husada


Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan ketrampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan
Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangjnan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan Masyarakat di lingkungannya.

6. Saka WanaBakti


Saka Wanabakti merupakan salah satu Saka dalam Gerakan Pramuka Indonesia yang memberikan pengetahuan dn ketrampilan khusus di bidang kehutann dan lingkungan hidup serta menanamkan rasa cinta dan tanggungjawab dalam mengelola sumberdaya alam. Ruang lingkup materinya meliputi pengelolaan hutan, pemeliharaan hutan dan sumber daya alam, penyelamatan hutan dan lingkungan hidup, dan pemanfaatannhasil hutan bagi masyarakat.


Saka yang bergerak dalam bidang cinta kehutanan dan lingkungan hidup ini terselenggara berdasarkan keputusan bersama antara Departemen Kehutanan Republik Indonesia dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang ditandatangani pada tanggal 27 oktober 1983 di Jakarta.

Masih ada lagi nih Saka-saka tingkat Nasional, tunggu di blog aku yang terakhir ya, jangan lupa di komen dan share :))

Salam Pramuka!!!



47 komentar:

  1. Bagus kk, mohon gali lagi informasi tentang pramuka yg belum di ketahui banyak orang biar bisa kita mengetahuinya

    BalasHapus